Wednesday, November 25, 2009

Ujian Nasional (UN) 2010 Mungkin Ditiadakan

Kabar gembira untuk dunia pendidikan kita, Ujian Nasional (UN) yang setiap tahun menjadi momok menakutkan bagi peserta didik akan ditiadakan. Hal ini berdasarkan keputusan Mahkamah Agung (MA) yang dirilis detik.com (Rabu, 25/11/2009) yang mengabulkan gugatan Tim Advokasi Korban UN (TEKUN) dan Eduvation Forum.

Keputusan meniadakan Ujian Nasional (UN) sebenarnya telah ada sejak tahun 2007 berdasarkan keputusan Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta pada 6 Desember 2007, tetapi pemerintah pada saat itu dalam hal ini Presiden, Wakil Presiden dan Menteri Pendidikan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Keputusan MA tersebut sekaligus mempertegas bahwa pelaksanaan UN selama ini sarat masalah sehingga perlu ditinjau ulang pemerintah. Pendidikan semestinya ”memanusiakan manusia” dan menjunjung tinggi azas kemanusiaan yang adil dan beradab. Apakah adil jika digunakan alat ukur dan standar yang sama untuk semua sekolah yang nyata-nyata berbeda? Sekolah dengan fasilitas serba ada dengan sekolah yang gedungnya saja tidak layak, sekolah dengan dukungan IT yang mewah dengan sekolah yang bahkan tidak terjangkau sinyal telekomunikasi, sekolah dengan siswa yang mampu membeli apa pun untuk keperluan sekolahnya dengan siswa yang untuk makan saja harus dicari sendiri di sela-sela waktu sekolahnya. Sebuah kesenjangan dan ketidakadilan yang nyata melalui UN dengan menyamakan alat ukur dan standar untuk sesuatu yang benar-benar jauh berbeda.

Apakah beradab jika setiap tahun kita saksikan peserta didik menjadi stress, trauma bahkan bunuh diri karena tidak lulus UN?. Dari segi ini, dimana prinsip kemanusiaan ditempatkan? Perjuangan selama 3 tahun harus ditentukan dalam beberapa jam dengan hanya mempertimbangkan nilai beberapa mata pelajaran semata. Sebagai guru, saya pernah menitikkan air mata saat menerima kenyataan siswa yang saya bina harus divonis tidak lulus. Betapa hati nurani sebagai seorang guru yang hampir setiap hari bersama mereka tidak ingin melihat mereka gagal maka wajar jika beberapa guru bahkan rela masuk penjara demi keberhasilan siswanya meski hanya keberhasilan semu.

Mungkin ini adalah hadiah untuk kita para guru setelah beberapa hari yang lalu merayakan hari guru, dimana dengan keputusan MA ini kita sedikit dihargai. Kita yang mengajar, membina dan mendidik siswa kita maka kita pulalah yang paling berhak untuk menentukan mereka pantas lulus atau tidak, bukan oleh oleh pemerintah, DEPDIKNAS, BSNP atau siapa pun. Terima kasih kepada MA dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim Advokasi Korban UN (TEKUN) dan Eduvation Forum.

Selamat untuk insan-insan pendidikan Indonesia, mari bahu membahu memajukan pendidikan kita.

Friday, November 20, 2009

TOP10 Situs di Dunia dan di Indonesia Versi Alexa

Berikut adalah 10 situs terbaik di dunia dan di Indonesia menurut versi Alexa. Karena berdasarkan ranking Alexa, maka bisa dipastikan bahwa urutan ini berdasarkan jumlah kunjungan ke situs tersebut. Apakah website atau blog Anda ada dalam daftar TOP10 situs di dunia dan di Indonesia? Lihat daftarnya.

TOP10 Dunia:
  1. Google (www.google.com)
  2. Facebook (www.facebook.com)
  3. Yahoo! (www.yahoo.com)
  4. YouTube (www.yuotube.com)
  5. Windows Live (www.live.com)
  6. Wikipedia (www.wikipedia.org)
  7. Blogger (www.blogger.com)
  8. Baidu (www.baidu.com)
  9. Microsoft Network (MSN)(www.msn.com)
  10. Yahoo! Jepang (www.yahoo.co.jp)
TOP10 Situs di Indonesia:
  1. Facebook (www.facebook.com)
  2. Google.co.id (www.google.co.id)
  3. Yahoo! (www.yahoo.com)
  4. Google.com (www.google.com)
  5. Blogger (www.blogger.com)
  6. YouTube (www.yuotube.com)
  7. WordPress (www.wordpress.com)
  8. Kaskus - Komunitas Indonesia (www.kaskus.us)
  9. Detik.Com (www.detik.com)
  10. Detiknews (www.detiknews.com)
Itulah daftar 10 website terbaik di Dunia dan di Indonesia berdasarkan jumlah kunjungan ke website tersebut menurut Alexa. Website atau Blog anda terdaftar tidak? Kalau blog ini sudah pasti jauh dari IYA karena rank Alexanya saja masih selangit.

Tuesday, November 17, 2009

PASANG.com, Media Iklan Baris Gratis Berkualitas

PASANG.com adalah sebuah situs media periklanan dalam bentuk iklan baris yang bisa digunakan sebagai tempat menjual dan membeli barang dan dapat dimanfaatkan oleh perorangan atau bahkan perusahaan.

PASANG.com tergolong media periklanan baru tetapi sangat menjanjikan untuk menjadi salah satu media iklan terbaik dalam hal pelayanan. Ini karena dibalik situs ini terdapat beberapa webprogrammer lokal yang handal, dan yang sangat luar biasa karena PASANG.com juga didukung oleh programmer internasional yaitu dari India.

Dengan dukungan programmer tersebut web PASANG.com dirancang agar diterima baik oleh bot search engine seperti Google dan Yahoo. Ini merupakan jaminan untuk Anda yang beriklan di pasang.com agar iklan Anda akan mudah terjangkau oleh banyak orang melalui pencarian. Semakin banyak orang yang menemukannya di pencarian maka potensi produk jualan / jasa yang Anda pasarkan akan cepat laku.

Anda mungkin langsung berpikir bahwa dengan layanan seperti itu harganya akan mahal dengan merujuk pada periklanan melalui media cetak yang sangat mahal. Anda salah, karena PASANG.com disediakan secara gratis atau cuma-cuma. Kemudahan lain yang bisa Anda nikmati dari PASANG.com adalah iklan Anda akan langsung ditayangkan tanpa perlu menunggu, kemudahan mengganti isi iklan, menghapusnya, dan mencari iklan.

Jadi tunggu apa lagi, jadikan PASANG.com sebagai media periklanan Anda dan nikmati semua fitur dan kemudahan-kemudahannya.

Saturday, November 14, 2009

Internetan dengan StarOne, Payah

Kurang lebih 1 bulan terakhir saya menggunakan StaOne Pascabayar untuk internetan di rumah. Saya memilih StarOne karena menjanjikan paket Unlimited dengan harga 125 ribu/bulan, tergolong murah meski masih kalah oleh Flexi yang hanya 50 ribu/bulan. Hanya saja jaringan Flexi di rumah kurang bagus.

Selama kurun waktu itu saya merasa sangat kecewa dengan layanan StarOne. Meski BTS nya tepat berada di belakang rumah, aneh bin ajaib signal seringkali down bahkan hilang sama sekali. Komplain ke Call Center sudah tak terhitung berapa kali saya lakukan. Yang saya salut karena setiap ada komplain, pihak Call Center Indosat selalu menelpon balik tapi hanya menanyakan kondisi jaringan sudah bagus atau belum tanpa ada solusi dan jika belum diminta menunggu 3 x 24 jam. Lho koq nanya saya? Memangnya saya yang harus manjat-manjat tower untuk mencari sinyal?

Komplain juga saya ajukan ke Gerai Indosat yang ada di daerah tempat tinggal saya Parepare. Aneh bin ajaib ternyata Tower Indosat itu hanya didukung oleh batrey carge yang hanya tahan 2 jam, jadi ketika mati lampu sinyal ikut drop. Saya hampir tidak percaya bahwa perusahaan sekaliber Indosat demikian payah fasilitasnya. Coba bandingkan dengan operator lain yang meski mati lampu bahkan cuaca seperti apa pun, signal tetap stabil.

Dengan sabar saya menunggu lampu kembali menyala karena di Parepare PLN rutin memadamkan aliran listrik setiap 5 jam dengan rumus 5 jam menyala dan 5 jam berikutnya tewas. Setelah lampu menyala, grrrrrrrrrrrrrrr….. Signal StarOne tetap tidak berubah alias tetap drop. Maka dengan hati dongkol saya kembali komplain ke Call Center dan Gerai Indosat Parepare. Dan itu terjadi berulang-ulang sampai saya sendiri tidak bisa lagi menghitung jumlahnya.

Biaya 125 ribu/bulan yang saya bayarkan menguap begitu saja dan saya hanya bisa nanar memandang bar-bar singnal di HP atau di modem kalau-kalau signal normal kembali. Saya sangat kecewa…. Sangat kecewa…. Semoga tulisan ini dibaca oleh pihak Indosat supaya mereka sadar betapa payahnya pelayanan mereka di daerah saya. Entahlah di daerah lain.

Sunday, November 8, 2009

Perfect Money, Pernah Memberi Arti

Lihat logo SPONSOR di samping kanan? Perfect Money, itulah sponsor saya beberapa bulan terakhir. Dengan memasang logo itu, dua bulan terakhir saya menerima $30 perbulan. Bulan ini, seharusnya saya menerima $40 dari blog ini karena Google PR meningkat menjadi PR4.

Perfect Money adalah salah satu bank online yang bisa digunakan untuk menerima dan mengirim uang di internet. Jika Anda mengikuti bisnis online, Perfect Money bisa digunakan untuk menerima pembayaran dari program bisnis tersebut. Kelebihan yang saya rasakan menggunakan Perfect Money adalah karena proses penukaran dollar ke rupiah masuk ke bank lokal seperti Bank Mandiri, BNI, BCA dan lain-lain sangat mudah karena cukup menggunakan jasa money changer atau penukaran mata uang yang banyak tersedia di internet. Itu karena Perfect Money memungkinkan kita melakukan transfer ke sesama member Perfect Money.

Salah satu program yang cukup menarik dari Perfect Money adalah pemasangan logo PM di blog kita dan akan dibayar $10 per PR blog, jadi jika blog ber PR4 maka akan dibayar $40 perbulan. Tetapi sayang, program ini tidak lagi berlaku untuk web/blog yang menggunakan domain dan hosting gratis seperti blogspot. Perfect Money hanya menerima web profesional yang menggunakan domain .COM. Maka dengan sendirinya posisi blog ini terancam kehilangan sponsor.

Tetapi bagaimana pun, saya berterima kasih kepada pengelola Perfect Money karena sempat memberikan sesuatu untuk saya. Dan itu tidak saya sia-siakan. Dua buah modem CDMA telah saya beli hasil dari Perfect Money. Demikian juga dengan pembayaran internet saya yang menggunakan StarOne Pascabayar sempat ditanggulangi dari program PM.

Meski harus berakhir karena memang tidak ada yang abadi, Perfect Money telah cukup membantu saya. Terima Kasih.

Monday, November 2, 2009

Pondok Pesantren Darunnajah Cipining

Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan apalagi jika ditunjang oleh penanaman budi pekerti dan nilai-nilai keagamaan. Untuk tujuan ini maka salah satu pilihan yang sangat tepat adalah Pondok Pesantren Darunnajah Cipining yang merupakan salah satu pondok pesantren terbaik di Indonesia.

Pondok Pesantren Darunnajah Cipining yang berlokasi di Bogor Jawa Barat yang berdiri sejak tanggal 18 Juli 1988 ini merupakan sekolah Islam berasrama yang mengelola sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, MTs Tsanawiyah, Aliyah jadi sangat lengkap untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta kegiatan santri sehari-hari di pesantren yang dipimpin oleh KH. Jamhari Abdul Djalal, Lc. ini dilaksanakan oleh para guru/ustadz dengan berlatar belakang pendidikan dari berbagai perguruan tinggi dan pesantren modern yang sebagian besar tinggal di asrama, dan secara penuh mengawasi serta membimbing santri. Sehingga proses belajar dan keseharian santri bisa dikontrol secara penuh.

Standar mutu penyelenggara pendidikan salah satunya bisa diukur dengan kualifikasi tenaga pengajar (guru) yang mereka miliki. Pondok Pesantren Darunnajah Cipining yang didirikan oleh (Alm) KH.Abdul Manaf Mukhayyar ini memenuhi syarat karena dibina oleh guru-guru dari latar belakang pendidikan mulai dari Magister (S-2), Sarjana (S-1), D-3, D-2, D-1 dan SLTA. Guru-guru yang belum Sarjana sementara menyelesaikan program S-1 di beberapa perguruan tinggi di sekitar pondok.

Yang lebih menarik dari Pondok Pesantren Darunnajah Cipining adalah adanya program pemberian beasiswa untuk siswa/santri yang berprestasi. Program beasiswa ini digulirkan sebagai stimulus dan motivasi santri dalam menimba ilmu di pesantren ini. Jadi tunggu apa lagi, butuh sekolah berkualitas berlatar belakang Islami? Pondok Pesantren Darunnajah Cipining adalah jawabannya.